Minggu, 31 Mei 2015 - 01:53:51 WIB - Viewer : 3928

Inilah Perilaku Pengguna Gadget terhadap Iklan yang muncul di Game versi Appier

istimewa
ilustrasi

AMPERA.CO, Taipei -- Appier, perusahaan teknologi Intelejensia Artifisial asal Taiwan baru-baru ini merilis infografik yang menyoroti perilaku pengguna gadget lintas layar bagi industri game di pasar Asia, termasuk Hong Kong, Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Vietnam.

Di dunia yang serba mobile saat ini, game telah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi kehidupan manusia, yang bisa dimainkan kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu, sangat penting bagi para pemasar game untuk menyusun strategi promosi dan arah pemasaran game mereka di tiap pasar secara cerdas dan efektif, serta untuk membangun basis data pengguna yang disesuaikan untuk tiap promosi periklanan agar dapat mewujudkan efisiensi periklanan dan ROI yang optimal.

Infografik ini diambil dari sampel sebanyak 370 miliar titik data dari basis data Appier pada paruh kedua tahun 2014, yang dirancang untuk para pemasar game dengan informasi terkait cara pengguna game berinteraksi dengan iklan yang muncul di dalam game di beragam perangkat gadget seperti smartphone, tablet, dan PC.

Poin penting bagi para pengiklan di tujuh pasar Asia dari rilis Appier :

- Pengguna gadget wanita lebih sering merespon iklan dibanding pria: Pengguna gadget wanita tercatat menyumbang click through rates (CTR) tertinggi dibandingkan pria di tujuh pasar.

- Remaja adalah kelompok pengguna yang paling kontributif menyumbang CTR: Remaja dengan rentang usia 14-18 tahun adalah kelompok pengguna yang paling aktif berinteraksi dengan iklan online, sedangkan kelompok pengguna rentang usia 25-34 di Vietnam, dan 45-54 di Indonesia juga banyak menyumbang CTR.

- Platform Android menyumbang CTR lebih banyak dibandingkan platform iOS terjadi di lima negara Asia, sedangkan fakta sebaliknya terjadi di Singapura dan Malaysia.

- CTR pada iklan game lebih banyak terjadi di perangkat seluler (ponsel pintar dan tablet), sedangkan PC menjadi penyumbang CTR terkecil diantara ketiga platform, kecuali untuk pasar Vietnam dimana CTR di PC lebih tinggi dibandingkan di tablet.

- Ukuran layar pada perangkat seluler mempengaruhi CTR iklan game. Tablet dengan layar yang lebih luas (9,7-10,1 inch) menyumbangkan lebih banyak CTR dibandingkan yang memiliki layar lebih kecil (7-8,8 inch) di tujuh pasar. Namun, ponsel dengan layar lebih kecil menyumbang CTR yang lebih tinggi dibandingkan yang memiliki layar lebih besar (5-6,5 inch) di empat pasar Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Feri Yuliansyah

Komentar Berita